TULISAN 1

TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN


SOAL 1:
Jelaskan pengertian dari istilah-istilah berikut :
a)      Keputusan
b)      Pengambilan keputusan
c)      Teori pengambilan keputusan

Jawab:
a) Keputusan
Merupakan suatu pemecahan masalah sebagai suatu hukum situasi yang dilakukan melalui pemilihan satu alternatif dari beberapa alternatif.

b) Pengambilan keputusan
Merupakan suatu proses pemilihan alternatif terbaik dari beberapa alternatif secara sistematis untuk ditindak lanjuti (digunakan) sebagai suatu cara pemecatan masalah.

c) Teori pengambilan keputusan
Merupakan teori-teori/ teknik/ pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam suatu proses pengambilan keputusan.


SOAL 2:
Pengambilan keputusan sebagai suatu bentuk pemecahan masalah mempunyai / memiliki fungsi dan tujuan. Sebutkan dan jelaskan fungsi dan tujuan pengambilan keputusan tersebut!

Jawab:
Fungsi pengambilan keputusan yaitu:
  • Pangkal permulaan dari semua aktivitas manusia yang sadar dan terarah, yaitu baik secara individual maupun secara kelompok, serta institusional maupun secara organisasional.
  • Sesuatu yang bersifat futuristik, artinya bersangkut-paut dengan masa yang akan datang dimana efeknya/ pengaruhnya berlangsung lebih lama.
  • Tujuan pengambilan keputusan terdiri dari:
  • Tujuan yang bersifat tunggal, terjadi apabila keputusan yang dihasilkan hanya menyangkut satu masalah. Artinya bahwa sekali diputuskan, tidak akan ada kaitannya dengan masalah lain.
  • Tujuan yang bersifat ganda, terjadi apabila keputusan yang dihasilkan itu menyangkut lebih dari satu masalah. Artinya bahwa satu keputusan yang diambil itu sekaligus memecahkan dua masalah atau lebih.

SOAL 3:
Ada beberapa unsur/ komponen dari pengambilan keputusan? Sebutkan unsur tersebut!

Jawab:
Ada 3 unsur/ komponen dari pengambilan keputusan yaitu:
  1. Tujuan dari pengambilan keputusan .
  2. Indentifikasi dari alternatif-alternatif keputusan untuk memecahkan masalah.
  3. Perhitungan mengenai faktor-faktor yang tidak dapat diketahui sebelumnya/ diluar jangkauan manusia.

SOAL 4:
Menurut George R. Terry ada beberapa hal yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan? Sebutkan dan jelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan tersebut!

Jawab:
Menurut George R. Terry dasar-dasar pengambilan keputusan terdiri dari:

a) Instuisi
Merupakan keputusan yang diambil berdasarkan perasaan dan bersifat subjektif, yaitu mudah terkena sugesti, pengaruh luar, dan faktor kejiwaan lain.

b) Pengalaman
Merupakan keputusan yang diambil berdasarkan pengalaman, sehingga dapat memperkirakan keadaan sesuatu, dapat memperhitungkan untung ruginya, dan baik buruknya keputusan yang akan dihasilkan. Orang yang memiliki banyak memiliki banyak pengalaman tentu akan lebih matang dalam membuat keputusan, akan tetapi peristiwa lampau tidak sama dengan peristiwa yang terjadi saat ini.

c) Fakta
Merupakan pengambilan keputusan yang berdasarkan sejumlah fakta, data, atau suatu informasi, sehingga dapat memberikan keputusan yang sehat, solid, dan baik. Dengan fakta, maka tingkat kepercayaan terhadap pengambilan keputusan dapat lebih tinggi. Sehingga orang dapat menerima keputusan-keputusan yang dibuat dengan rela dan lapang dada.

d) Wewenang
Merupakan pengambilan keputusan yang berdasarkan wewenang, biasanya dilakukan oleh pimpinan terhadap bawahannya atau orang yang lebih tinggi kedudukannya kepada orang yang lebih rendah kedudukannya.

e) Rasional
Rasional adalah studi  dengan menggabungkan semua unsur dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang dihasilkan dari studi ini bersifat objektif, logis lebih transparan, konsisten untuk memaksimumkan hasil atau nilai dalam batas kendala tertentu, sehingga dapat dikatakan mendekati kebenaran atau sesuai dengan yang diinginkan. Pengembalian keputusan secara logika terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Kejelasan masalah
  • Orientasi tujuan
  • Pengetahuan alternatif
  • Preferensi yang jelas
  • Hasil maksimal


SOAL 5:
Dalam pengambilan keputusan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Sebutkan dan jelaskan secara singkat faktor-faktor tersebut!

Jawab:
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan adalah:

a) Posisi/ kedudukan
Dalam kerangka pengambilan keputusan, posisi/ kedudukan seseorang dilihat dalam hal letak posisi (apakah ia sebagai pembuat keputusan, penentu keputusan atau staff), tingkatan posisi (apakah sebagai strategi, peraturan, organisasional, operasional, atau teknis).

b) Masalah
Masalah atau problem adalah sesuatu yang menjadi penghalang untuk tercapainya tujuan dan merupakan  penyimpangan dari sesuatu yang diharapkan, direncanakan, atau dikehendaki.

c) Situasi
Situasi yaitu  keseluruhan faktor-faktor dalam keadaan yang berkaitan satu sama lain dan secara bersama memancarkan pengaruh terhadap kita beserta apa yang hendak kita perbuat.

d) Kondisi
Kondisi adalah keseluruhan dari faktor-faktor yang secara bersama-sama menentukan daya gerak, daya berbuat atau kemampuan kita. Sebagian besar faktor-faktor tersebut merupakan sumber daya.

e) Tujuan
Tujuan adalah sesuatu yang hendak dicapai, baik tujuan perorangan, kesatuan/ unit, maupun organisasi yang pada umumnya telah ditentukan atau bersifat objektif.


SOAL 6:
Apa perbedaan pengambilan keputusan yang dilakukan secara ilmiah dengan pengambilan keputusan yang dilakukan tidak dengan ilmiah?

Jawab:
Perbedaan pengambilan keputusan dilakukan secara ilmiah dan dilakukan tidak dengan ilmiah adalah:
  • Pengambilan keputusan secara ilmiah mengartikan bahwa keputusan yang diambil dan dijadikan sebagai hasil, guna pemecahan masalah telah melalui pemikiran secara rasional dimana keputusan yang diambil masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara-cara yang digunakan untuk pengambilan keputusan tersebut dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengerti cara yang digunakan untuk mendapatkan keputusan tersebut. selain itu, pengambilan keputusan secara ilmiah juga menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis. Sehingga keputusan yang dihasilkan secara ilmiah dapat menjamin keputusan tersebut layak digunakan untuk pemecahan masalah.
  • Sedangkan keputusan tidak dengan ilmiah biasanya keputusan yang dihasilkan hanya berdasar pada intuisi atau kejadian di masa yang lalu yang dijadikan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan sehingga terkadang keputusan yang dihasilkan kurang relevan dengan kejadian yang sesungguhnya.


SOAL 7:
Mengapa pengambilan keputusan amat diperlukan dalam menjalankan roda kehidupan suatu organisasi? Jelaskan!

Jawab:
Karena disetiap masalah yang muncul dalam organisasi pasti memerlukan suatu keputusan, dimana keputusan itu yang diambil melalui suatu proses pengambilan keputusan. Sehingga dapat menghasilkan keputusan yang layak dapat digunakan sebagai suatu pemecahan masalah dalam organisasi, guna mencapai tujuan dan kesepakatan bersama.

SOAL 8:
Sebutkan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan:
a)      Keputusan terprogram
b)      Keputusan tidak terprogram

Jawab:
a) Keputusan terprogram
Merupakan keputusan yang dibuat menurut kebiasaan, aturan atau prosedur yang terjadi secara rutin dan berulang-ulang. Keputusan ini digunakan untuk menyelesaikan masalah yang terstruktur melalui prosedur, aturan, dan kebijakan.

b) Keputusan tidak terprogram
Merupakan keputusan yang dibuat karena terjadinya masalah-masalah khusus atau tidak biasanya. Keputusan ini digunakan untuk menyelesaikan masalah yang tidak terstruktur.


SOAL 9:
Secara garis besar proses pengambilan keputusan terdiri atas 3 tahap. Sebutkan dan jelaskan pengambilan keputusan tersebut!

Jawab:
Proses pengambilan keputusan terdiri dari 3 tahap, diantaranya:

1) Penemuan masalah
Tahap ini merupakan tahap dimana masalah harus didefinisikan dengan jelas shingga perbedaan antara masalah dan bukan masalah menjadi jelas.

2) Pemecahan masalah
Tahap ini merupakan tahap dimana masalah yang sudah ada atau sudah jelas, kemudian diselesaikan. Langkah-langkah yang diambil sebagai berikut:
  • Identifikasi alternatif-alternatif keputusan untuk memecahkan masalah.
  • Perhitungan mengenai faktor-faktor yang tidak dapat diketahui sebelumnya atau diluar jangkauan manusia, identifikasi peristiwa-peristiwa dimasa datang (state of nature).
  • Pembuatan alat (sarana) untuk mengevaluasi atau mengukur hasil, biasanya berbentuk tabel hasil (pay of table).
  • Pemilihan dan penggunaan model pengambilan keputusan.

3) Pengambilan keputusan
Keputusan yang diambil berdasarkan pada keadaan lingkungan atau kondisi yang ada, seperti kondisi pasti, kondisi beresiko, kondisi tidak pastidan kondisi konflik.


SOAL 10:
Kemukakan 1 contoh pengambilan keputusan dengan menggunakan proses pengambilan keputusan!

Jawab:

Contoh pengambilan keputusan dengan menggunakan proses pengambilan keputusan diambil dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dalam lingkungan sekitar rumah, setiap akhir periode masa jabatan ketua RT/ RW dan pengurus-pengurus dibawahnya harus digantikan dengan para pengurus baru. Sehingga setiap warga diwajibkan untuk hadir dalam pemilihan Ketua RT maupun RW dan pengurus lainnya untuk mencapai suatu keputusan bersama. Proses pengambilan keputusan ini melalui voting atau pengambilan suara terbanyak dan terendah dalam menentukan siapa yang akan menjabat sebagai ketua RT maupun RW dan pengurus-pengurus dibawahnya. Setelah mengetahui siapa yang meraih voting terbanyak, maka si pembuat keputusan harus mengambil keputusan dalam memutuskan siapakah yang berhak menjadi ketua RT/ RW dan pengurus-pengurus dibawahnya berdasarkan proses pengambilan keputusan yang telah dihasilkan dan ditentukan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar