Tugas (1) Softskill

AUTOBIOGRAFI 

Nama saya Novi Fadilah Sari biasa dipanggil dengan Novi tapi ada juga teman-teman saya yang suka memanggil dengan sebutan Unyil. Why? Karena postur badan saya yang tidak terlalu tinggi dan kecil (hehe). Saya berjenis kelamin perempuan dan lahir pada tanggal 12 November 1992 tepatnya di Sukabumi. Saya anak ke dua dari dua bersaudara dari sebuah keluarga yang dikepala keluargai oleh bapak Wasikun dan ibu Ida Rokiyah. Saya memiliki seorang kakak laki-laki bernama Hadi Pranoto, selisih umur kami hanyalah satu tahun. Kami tinggal di daerah Bekasi, tepatnya di Perumahan Taman Tytyan Indah Blok W 2 No.21 Rt 004 Rw 012, Bekasi Utara.

Di usia ±5 tahun saya sudah bersekolah TK di Taman Kanak-kanak Uswatun Hasanah. Semasa TK saya sudah pintar menghitung, menggambar, mengaji, menulis dan membaca dengan cara mengeja. Saya belajar mengaji tidak hanya di Taman Kanak-kanak saja, pada malam harinya saya selalu belajar mengaji di sebuah pengajian dekat dengan rumah. Saya selalu mendapat juara 1 di kelas, kebetulan di TK saya waktu itu selalu ada peringkat tertinggi dan terendah disetiap akhir masa pengajaran.

Setelah lulus TK, saya masuk ke sekolah dasar bernama SDN Kalibaru 2. Letak sekolah saya lumayan dekat dengan rumah. Di masa SD saya pernah menjadi pengurus kelas. Kelas IV saya menjadi bendahara, kelas V saya menjadi sekretaris dan kelas VI saya menjadi bendahara lagi. Pada saat itu saya juga pernah mengikuti lomba paskibra, sebagai pembentang bendera mewakili sekolah dan alhamdulilahnya mendapat juara satu. Tidak lupa saya selalu masuk peringkat 10 besar dikelas. Prestasi-prestasi saya di masa sekolah dasar ini cukup membanggakan orangtua serta diri saya sendiri.

Di detik-detik  masa kelulusan sekolah (SD) saya belum terpikir akan melanjutkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dimana. Karena pada saat itu saya tidak tahu SMP negeri  mana yang terbaik dan terfavorit. Dan akhirnya saya mengikuti teman-teman saya untuk ikut tes di SMPN 25 Bekasi, yang ternyata memang salah satu SMP negeri terfavorit di wilayah Bekasi. Dan alhamdulilah saya lulus tes masuk di SMP tersebut. Pada saat itu berturut-turut saya menjadi anggota pengurus kelas. Kelas 1 menjadi sekretaris, kelas 2 menjadi wakil ketua kelas dan kelas 3 menjadi bendahara. Untuk bidang non-akademik / kegiatan ekstrakurikuler, saya aktif di organisasi PMR (Palang Merah Remaja). Setiap hari minggu kami rutin berlatih di sekolah dan belajar cara menolong orang-orang yang membutuhkan bantuan terutama korban kecelakaan dan bencana alam. Tetapi sayangnya, di kelas 1 semester dua saya sudah tidak aktif lagi di organisasi ini, karena pada saat itu saya belum pintar membagi waktu. Banyak sekali tugas-tugas sekolah yang terbengkalai. Sehingga saya memutuskan untuk fokus di bidang akademik saja. Lalu di kelas 2 saya menjadi anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) seksi-IV. Menjadi OSIS yang paling menyenangkan adalah pada saat Masa Orientasi Siswa (MOS) tahun ajaran baru. Disini kita leluasa mengeluarkan ide-ide untuk mendandani siswa-siswi baru dengan atribut-atribut yang membuat kita tertawa melihatnya, tetapi berdasarkan atas persetujuan dari Kepala Sekolah juga pastinya. Dirumah saya juga aktif organisasi ‘Karang Taruna’, dikarenakan ketua karang taruna yang sudah sibuk dengan pekerjaan serta sudah berkeluarga, organisasi ini menjadi tidak aktif lagi di lingkungan rumah. Kalau ditanya kenapa tidak diganti dengan pengurus yang lain saja? Pengurus yang lain pun sama-sama sudah sibuk dengan kesibukan masing-masing, sehingga organisasi ini pun samasekali tidak aktif begitu saja. Dan akhirnya saat kelas 3 diwajibkan untuk non-aktif di kegiatan-kegiatan non-akademik di lingkungan sekolah. Agar kami semua fokus untuk menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN). OSIS pun sudah digantikan dengan pengurus-pengurus baru dengan angkatan dibawah kami.

Saat masa kelulusan hampir tiba, seperti biasa saya belum terpikir untuk meneruskan sekolah ke jenjang menengah atas (SMA) atau menengah kejurusan (SMK). Dan akhirnya seperti tahun lalu saat masuk SMP, saya memilih untuk mengikuti teman-teman ke sekolah mana saya akan mendaftar. Tetapi tidak asal memilih dan mengikuti lho yaaaa…. Dan SMAN 10 Bekasi menjadi sekolah pilihan saya. SMAN 10 Bekasi adalah salah satu sekolah favorit dan terbaik di kota Bekasi, tepatnya di Harapan Indah. Setelah masuk ke sekolah ini saya melanjutkan masuk ke organisasi yang sewaktu SMP tidak dijalankan dengan baik, yaitu PMR (Palang Merah Remaja). Organisasi-organisasi pada saat SMA itu sangatlah berbeda dengan zaman SD sampai SMP. Disini semua organisasi dijalankan dengan mandiri sesuai visi dan misi yang dibuat oleh kepengurusan masing-masing organisasi. Karena di SMA kita semua diajarkan untuk mandiri, dan selalu mengambil keputusan berdasarkan atas kesepakatan bersama. Dengan keseriusan menjalankannya, saya dapat membagi waktu antara belajar dan berlatih. Saya terpilih menjadi anggota pengurus inti (saat kelas 2), kami menyebutnya BPH, dan saya pada saat itu menjabat menjadi bendahara 1. Pada saat SMA saya pun menjadi anggota pengurus kelas. Kelas 2 saya menjadi seksi kesehatan, kelas 3 saya menjadi sekretaris. Dan saya tetap menjadi peringkat 10 besar di setiap kelas. Semakin dekatnya Ujian Nasional (UN) sebagai anak kelas 3, kami semua diwajibkan untuk tidak aktif di segala kegiatan-kegiatan diluar jam pembelajaran. Masa jabatan saya sebagai bendahara 1 di PMR hanya berlaku sampai 1 tahun saja. Sehingga disaat saya kelas 3 kepengurusan saya sudah digantikan dengan pengurus baru.

Masa kelulusan pun tiba, dan saya akan menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kali ini saya tidak mengikuti teman-teman lagi untuk memutuskan kemana saya akan meneruskan sekolah. Karena saya ingin sekali masuk di Perguruan Tinggi Negeri terutama Institut Pertanian Bogor (IPB). Tetapi orangtua saya tidak mengijinkan untuk mengambil study disana karena jaraknya yang cukup jauh. Daridulu saya memang tidak pernah diijinkan untuk pergi / menginap sendiri di luar daerah bekasi, sebab khawatir terjadi apa-apa nantinya. Pada akhirnya saya memutuskan untuk mengambil bea siswa dari Universitas Gunadarma. Selain itu letaknya pun masih terjangkau dan tidak perlu untuk menyewa kos. Di masa kuliah ini saya tidak aktif di berbagai organisasi, disini mereka menyebutnya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Saya adalah mahasiswi fakultas Ekonomi jurusan Manajemen. Universitas Gunadarma memiliki cabang kampus di daerah depok, jakarta, dan bekasi. Kebetulan saya memilih kampus yang berlokasi di Kalimalang, Bekasi karena itu merupakan lokasi terdekat dengan tempat tinggal saya. Alasan saya tidak aktif lagi di organisasi pada masa kuliah, karena lebih banyak jadwal latihan dan urusan-urusan yang harus diselesaikan di Depok. Dengan tugas-tugas yang lebih berat di masa kuliah, saya khawatir kuliah saya akan terbengkalai karena kurangnya membagi waktu. Apalagi untuk pulang pergi Depok-Bekasi.

Saya hobi menonton film. Walaupun saya gemar menonton, tetapi film yang selalu saya tonton adalah film-film yang ber-genre horor, komedi dan romantic. Karena untuk film-film action saya tidak terlalu menyukainya. Dan kebiasaan saya yang lain yaitu hunting makanan alias ‘Wisata Kuliner’ tapi anehnya sebanyak apapun makanan yang masuk ke perut, itu tidak membuat berat badan saya naik. Ada satu hal lagi, keluarga saya adalah keluarga pecinta kucing. Terutama saya. Bagi saya kucing itu bukanlah hanya sebagai hewan peliharaan tetapi juga bisa menjadi kita selalu tersenyum dengan tingkah-tingkahnya yang lucu dan bikin gemes. Nah, dirumah saya memelihara kucing persia dan kampung.

Soal cita-cita, sejak saya kecil saya ingin sekali menjadi seorang wanita karir. Saya tau bahwa menjadi wanita karir itu sangatlah menyita waktu dan tidak dapat membagi waktu bersama keluarga, karena wanita karir identik dengan terlalu banyaknya kesibukan. insyaAllah jika saya telah berkeluarga sendiri, saya akan mencoba menjadi seorang wirausaha untuk memperluas lapangan kerja serta untuk meluangkan lebih banyak waktu bersama calon anak-anak saya nantinya.

Sekian uraian biografi diri saya. Untuk kurang lebihnya dari penulisan ini saya mohon maaf dan terimakasih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar