TULISAN 8
KOMPUTERISASI LEMBAGA KEUANGAN PERBANKAN



SOAL 1:
Apa definisi tabungan berdasarkan SKAPI tahun 1992?

Jawab:
Berdasarkan SKAPI tahun 1992, tabungan adalah simpanan dana masyarakat yang penarikannya dapat diambil menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, atau alat lainnya yang dipersamakan dengan alat tersebut. Dengan kemajuan teknologi, tabungan saat ini dapat ditarik dengan menggunakan kartu Bank, ATM, atau melalui telepon.


SOAL 2:
Apa yang dimaksud dengan Terapan Komputer Perbankan?

Jawab:
Terapan komputer perbankan adalah ilmu yang mempelajari lebih mendalam berbagai jenis teknologi informasi yang digunakan di Bank.


SOAL 3:
Sebutkan jenis-jenis tabungan berdasarkan cara perhitungan bunga?

Jawab:
Berdasarkan cara perhitungan bunga jenis-jenis tabungan terdiri dari:
  • Deposito
  • Tabanas
  • Taska (Tabungan Asuransi Berjangka)


SOAL 4:
Berikan salah satu contoh penerapan sistem komputerisasi pada dunia perbankan/ dalam kegiatan Bank?

Jawab:
Komputer dipergunakan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank. Misalnya seperti adanya e-commerce maka pelayanan transaksi online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui internet banking maupun sms banking.


SOAL 5:
Apa yang dimaksud sistem aplikasi tabungan yang bersifat Integrated Operational System?

Jawab:
Tabungan yang bersifat Integrated Operational System fungsinya berguna untuk pengawasan dan pengendalian jaringan yang dapat mempercepat proses perbaikkan, jaminan kualitas dan penyediaan jaringan.


SOAL 6:
Siapakah yang dimaksud dengan Account Officer/ Service Assistant pada sebuah Bank?

Jawab:
Account Officer/ Service Assistant adalah orang yang mempunyai wewenang dan tanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan jasa dan produk bank yang akan diberikan kepada nasabah dan calon nasabah seperti melayani dan memberikan keterangan lengkap, menerima dan meneliti formulir aplikasi yang telah di isi, meminta persetujuan kepada officer yang berwenang, membantu kegiatan promosi dan menyimpan semua dokumen-dokumen nasabah.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar